Friday, October 15, 2010

Bahaya Memangku Laptop


Bahaya Memangku Laptop
Apakah Anda memiliki kebiasaan menggunakan laptop dengan cara memangkunya..? Sebaiknya hindari kebiasaan ini. Sebuah jurnal kesehatan yang diterbitkan awal tahun ini di Inggeris menyatakan, kebiasaan ini dapat mengakibatkan kerosakan kulit permanen.

Dunia medik menyebutnya dengan toasted skin syndrome. Penyakit yang disebabkan paparan panas jangka panjang ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik dan pigmen di permukaan kulit. Dalam kes tertentu bahkan bole menjadi kanser kulit.
Penelitian dilakukan setelah seorang anak berusia 12 tahun menderita penyakit kulit di paha kirinya. Area kulit di paha kirinya mengalami perubahan warna disertai bintik-bintik berpola. Setelah dikaji, anak ini ternyata memiliki kebiasaan memangku laptop ketika bermain game online selama beberapa jam setiap hari. Kebiasaan itu sudah terjadi selama berbulan-bulan.

“Dia memang merasakan panas di sisi kiri setiap kali bermain game dengan memangku laptopnya. Tapi, asyiknya permainan membuatnya tak pernah hirau atau mengubah kebiasaan itu,” kata para peneliti asal Swiss dalam Jurnal Pediatrics itu, seperti dikeluarkan dari laman Telegraph.

Kes lain menimpa seorang mahasiswa jurusan undang2 di Virginia. Wanita muda ini terus berurusan dengan doktor setelah mendapati belang-belang di kulit pahanya makin meluas. Awalnya, ia tak sedar bahwa kerosakan kulit itu akibat kebiasaan memangku laptop.

Dr Kimberley Salkey, yang menangani kes mahasiswa itu, memastikan bahwa gangguan pigmen kulit itu terjadi akibat kebiasaan memangku laptop menyala selama enam jam per hari. Dalam pemeriksaan lanjutan, jaringan kulit di paha wanita itu tak bole mengalirkan hantaran panas alas laptop yang mencapai 52 darjah celcius.

Selain laptop, sindrom ini juga bole dikesan dari sejumlah pemanas elektronik atau bantal pemanas. Banyak orang tidak kisah karena umumnya hantaran panas itu masih bole ditahan di kulit dan tidak menyakitkan.

Drs Andreas Arnold dan Peter Itin dari University Hospital Basel, yang melakukan penelitian itu mengatakan, toasted skin syndrome umumnya memang tidak berbahaya. Namun, jangan diremehkan karena kerosakan pigmen yang terjadi bole mengarah ke kanser kulit.

"Jadi, tetap penting menggunakan kipas  panas atau alas penyejuk lainnya masa memangku laptop dalam waktu yang lama"...

0 comments:

 

~~~My Lovely & Beauty Stitch~~~ © 2008. Design By: SkinCorner